Tuesday, March 19, 2019

Tanda Stress dan Cara Mengatasinya

Stres adalah tekanan psikologis dan fisik yang bereaksi terhadap situasi yang dianggap berbahaya atau yang membuat Anda merasa tidak nyaman. Dengan kata lain, stres adalah cara tubuh Anda merespons segala jenis permintaan, ancaman, atau tekanan.

Stres dibagi menjadi tiga, yaitu stres eksternal, internal, dan pascatrauma. Penyebab eksternal dapat disebabkan oleh sejumlah hal, seperti perubahan besar dalam kehidupan, sekolah atau pekerjaan, masalah keuangan, kesulitan dalam hubungan dan banyak lagi. Sedangkan penyebab internal meliputi masalah kesehatan, masalah emosional, pikiran negatif, harapan yang tidak realistis dan banyak lagi.

Kondisi ini umumnya dialami oleh remaja dan dewasa. Tetapi anak-anak juga bisa mengalaminya. Itu tergantung situasi dan kondisi.

Inilah 10 tanda bahwa Anda stres


1. Sering mengalami insomnia atau insomnia: tanda bahwa Anda sedang mengalami stres
2. Orang dengan stres akan lebih sulit berkonsentrasi dan lebih sering melamun atau sendirian
3. Kehilangan antusiasme dalam semua kegiatan.
4. Merasakan rasa sakit dan rasa sakit di beberapa bagian tubuh
5. Sering berpikir negatif dan tidak jernih.
6. Kekebalan tubuh menurun karena stres dan mudah sakit
7. Selera humor menghilang dan selalu didorong.
8. Mereka yang menderita stres akan lebih sensitif dan cepat marah ketika mereka merasa tersinggung
9. Perubahan suasana hati sangat mudah
10. Rambut rontok adalah tanda bahwa Anda sedang mengalami stres.

Nah, itu 10 tanda bahwa Anda sedang stres berat dari klinik psikologi jogja. Hindari stres dan jangan lupa piknik.
psikolog jogja murah

Langkah selanjutnya adalah melakukan hal-hal yang dapat memberikan relaksasi bagi tubuh dan pikiran Anda, seperti:

Keluarkan semua hal

Menghadirkan perasaan, terutama perasaan yang mengganggu Anda, dapat membuat Anda stres. Lebih baik mengekspresikan semuanya sehingga Anda bisa melepaskan beban. Ekspresikan semua yang ada dalam pikiran Anda kepada orang yang bersangkutan, kepada seseorang yang Anda percayai atau kepada seorang psikolog. Percayalah, setelah menghilangkan semua masalah, perasaan Anda seharusnya jauh lebih baik.

Olah raga

Selain membuat tubuh sehat, olahraga juga bisa menghilangkan stres. Cara sederhana bisa dengan berjalan atau naik sepeda di sekitar kompleks rumah.

Meditasi

Meditasi dapat membantu Anda menenangkan pikiran. Anda dapat mencoba olahraga seperti yoga, yang juga mengajarkan meditasi.

Jalani hobi Anda

Coba pikirkan kegiatan apa yang Anda sukai? Pergi berbelanja, pergi ke mal, karaoke, menonton film, bekerja di kebun, memasak atau pergi ke taman bermain? Anda dapat melakukan apa saja yang membuat tubuh dan pikiran Anda rileks, tetapi aktivitasnya harus positif sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

Jalani hidup di masa sekarang.

Anda tidak perlu memaksakan kehidupan sebelumnya, terutama jika itu membuat Anda sedih. Hiduplah di masa sekarang. Lupakan harapan negatif tentang kehidupan di masa depan. Biarkan hidup mengalir apa adanya. Percayalah, jika Anda hidup di masa sekarang dengan bahagia dan positif, itu akan berdampak pada kehidupan Anda di masa depan.

Berhati-hatilah

Tidur yang cukup dan selalu makan makanan sehat dan bergizi. Hindari merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang.
Kita semua memiliki cara yang unik dan berbeda untuk melawan stres. Cobalah untuk mengatasi stres dengan cara di atas. Jika Anda kesulitan mencoba semuanya sekaligus, pilih satu atau dua cara yang Anda anggap paling nyaman. Lakukan ini untuk menjadi kebiasaan. Jika tingkat stres di luar kemampuan Anda untuk mengendalikannya, konsultasikan dengan psikolog jogja murah atau berikan saran.

Kapan waktu yang tepat untuk mencari bantuan medis?

Stres akan selalu ada karena itu adalah bagian dari kehidupan. Anda dapat menghindari stres dengan mengelolanya dengan baik atau, setidaknya, tidak membiarkan stres berlebihan. Kenali gejala-gejala stres dan pahami konsekuensi jangka panjang dari stres pada tubuh dan jiwa Anda.

Stres berlebihan atau stres jangka panjang pada umumnya ditandai dengan berkembangnya berbagai masalah kesehatan serius, seperti depresi, kelainan makan, obesitas, disfungsi seksual, kerontokan rambut dan gangguan kepribadian.

Jika Anda atau anggota keluarga Anda mengalami stres jangka panjang, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apa yang Anda rasakan dan apa yang Anda alami. Karena stres yang parah dan berkepanjangan akan merusak kesehatan secara keseluruhan. Jika perlu, dokter akan merujuk Anda ke psikolog atau psikiater yang akan membantu Anda mengatasi stres.

Sumber Artikel :

No comments:

Post a Comment